Pages

+- Facebook


                Ya tak bisa dipungkiri lagi seiring dengan berjalannya waktu teknologi pun semakin berkembang, berkembang dan terus berkembang karena manusia yang pada dasarnya tidak memiliki rasa puas atas apa yang mereka hasilkan, dan juga keinginan untuk memanjakan manusia itu sendiri.

                Di dunia sekarang yang dipenuhi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat membuat manusia mampu melakukan hal yang lebih hanya dengan sedikit bergerak,
orang jaman dulu jika ingin berbicara dengan orang lain maka mereka akan pergi menemui orang tersebut secara langsung atau jika ingin menyampaikan berita mereka akan mengirimkan surat, namun sekarang cukup menggunakan telepon genggam/HP semua bisa dilakukan dan lebih hebatnya lagi jika mereka ingin menyampaikan pesan/kabar yang tidak bisa disampaikan lewat HP maka alternative yang ada di dunia maya siap membantu, contohnya dengan menggunakan fasilitas email semua orang dapat mengirimkan pesan yang lebih kompleks baik berupa tulisan,gambar maupun video.

                Namun dalam dunia maya sekarang bukan hanya fasilitas email yang begitu populer dikalangan pengguna internet, salah satu situs jejaring sosial yang sangat populer saat ini ialah facebook. Tak sedikit yang mengetahui kehadiran facebook ini, bahkan hampir semua kalangan menggunakan fasilitas facebook ini. Lalu apa yang membuat facebook begitu populer saat ini??? cukup simpel jawaban dari pertanyaan tersebut, yaitu facebook memenuhi keinginan manusia dari semua tingkatan umur.

                Pengguna facebook saat ini bukan lagi didominasi oleh anak-anak yang duduk dibangku SMP keatas, melainkan anak SD sekalipun juga menggunakan fasilitas facebook, dengan bahasa yang mudah dipahami menjadikan anak SD dapat menggunakan fasilitas situs jejaring sosial ini,dan juga tak bisa dipungkiri sifat remaja ataupun anak-anak yang beranjak remaja memiliki keinginan yang besar untuk mendapatkan banyak teman dan gemar bertukar pengalaman ataupun curhat dengan orang yang seumuran dengan mereka, dan facebook ini mampu memenuhi kebutuhan di usia mereka yang masih labil.

                Dan selain remaja yang menggunakan situs jejaring ini, ternyata banyak juga di usia dewasa dan bahkan telah memiliki pasangan hidup menggunakan layanan facebook yang gratis ini, namun ada banyak alasan mengapa mereka juga menggunakan layanan facebook yang didominasi oleh para pemuda dan pemudi. Alasan mengapa mereka menggunakan layanan facebook ialah karena alasan bisnis dan menjalin hubungan dengan teman lama mereka yang selama ini tidak pernah terdengar kabarnya.

                Namun dibalik kenyamanan dan kepuasan dari pelayanan gratis yang diberikan facebook ternyata juga dapat menimbulkan masalah yang lumayan serius, dilihat dari permasalahan yang terjadi selama ini, mungkin didunia nyata pergaulan remaja dapat dikontrol walaupun tidak maksimal, namun bagaimana dengan dunia maya yang tidak mudah untuk mengontrol siapapun yang berselancar didalamnya, awalnya berkenalan melalui facebook kemudian tukeran nomor HP dan selanjutnya ketemuan, lalu apa yang mereka lakukan setelah bertemu?, diusia yang masih labil, cenderung para remaja selalu ingin melakukan dan mencoba hal yang baru yang sebelumnya mereka belum pernah lakukan dan tidak sedikit dari mereka yang selalu mencoba-coba yang baru akan berujung kepada hal yang dapat merusak mental mereka. Dan selain di dunia remaja permasalahan yang diakibatkan dari facebook juga tidak lari dari mereka yang berada di usia dewasa, banyak dari mereka yang menggunakan facebook sebagai ajang dalam menjalin kisah kasih dengan teman dibangku sekolahan dulu, bagi mereka yang belum memiliki pasangan hal ini dapat dikatakan wajar dan boleh-boleh saja, namun bagaimana dengan mereka yang telah memiliki pasangan? Pasti hal ini dapat menimbulkan masalah baru dalam kehidupan rumah tangga mereka. Sehingga dari kasus tersebut dapat juga dikatakan facebook sebagai ajang perselingkuhan.

                sesungguhnya teknologi itu bersifat netral, yaitu tidak memihak kepada siapapun, namun karena sifatnya yang bersifat netral, maka teknologi juga memilki kecenderungan bersifat negative atau positif, tergantung dari yang memanfaatkan teknologi tersebut, begitu juga dengan kehadiran facebook, facebook dapat berdampak positif kepada lingkungan dan diri orang yang meggunakannya jika mereka memanfaatkan fasilitas facebook dengan tetap memperhatikan norma-norma yang berlaku serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap apa yang mereka lakukan, namun facebook juga dapat berdampak negative jika orang yang menggunakannya memang tidak memperhatikan norma-norma yang berlaku, serta menggunakan layanan facebook hanya untuk memuaskan nafsu mereka tanpa tidak memiliki sedikitpun rasa tanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan.

0 komentar