Pages

Manage Waktu Dari Sekarang

                Kamis 25 november 2010 pada mata kuliah KI para peserta KI yang dari kelas C mendapatkan materi dengan tema manajemen waktu yang dikemas dengan game-game yang menarik,

                Untuk memulai materi KI kali ini kakak fasilitator membuat game semacam ice breaking yang bernama Badai Pasti Berlalu seperti biasa game ini adalah game pemacu/pemancing semangat, agar nantinya para peserta menjadi semangat untuk mengikuti kuliah KI kali ini.


                Dan game selanjutnya ialah game yang bernama Pasir Waktu, aturan main dari game ini ialah dari kakak fasilitator tiap kelompok diberi 3 bola tennis meja dan segelas beras, nah para peserta diperintahkan untuk memasukkan ke 3 bola tersebut kedalam gelas air mineral dan permukaan bola tidak boleh melewati permukaan dari gelas itu sendiri. Dan berasnya juga mesti dimasukkan kedalam gelas tersebut tapi tidak masalah jika berasnya tidak masuk semua.

                Dan pada permainan selanjutnya para peserta diberikan 2 lembar kertas yang dimana kertas pertama berisikan pertanyaan berupa kegiatan-kegiatan kita, yang dimana kita menggolongkan kegiatan kita itu kedalam 4 tipe, yaitu kegiatan rutin terjadwal, rutin tak terjadwal,insidental terjadwal dan insidental tidak terjadwal.

                Dan pada kertas yang kedua berupa kertas yang berisikan pernyataan-pernyataan yang kita harus memberi score pada pertanyaan itu tentang sejauh mana pernyataan tersebut sesuai dengan diri kita. Dan setelah memberi score kita bisa melihat hasil dari pemberian score itu, dan gambaran mengenai bagaimana kita bisa mengatur waktu dapat kita lihat pada range dimana kita berada. Apakah kita termasuk golongan orang yang belum bisa memanfaatkan waktu , atau perlu memanajemen waktu lagi, ataukah kita sudah termasuk orang yang sudah bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

                Adapun makna/pelajaran yang dapat diambil dari KI kali ini ialah:
  • 1.       Badai Pasti Berlalu
Pada umumnya makna dari game ini ialah melatih ketangkasan dan cepat tangap terhadap suatu masalah, tidak menjadi orang yang lama dalam berpikir serta dalam mengambil tindakan. Dan juga melatih kita untuk tetap menjaga semangat dan motivasi dalam menjalani hari.
  • 2.       Pasir Waktu

Disini kita bisa memberi sebuah perumpamaan bahwa 3 bola kecil merupakan kegiatan yang    wajib kita lakukan dan beras-berasnya itu merupakan kegiatan tambahan yang tidak harus kita lakukan, lebih tepatnya lagi kegiatan yang primary dan sekunder.
Mengapa kita memberi perumpamaan demikian? Itu karena bola kecil tersebut harus masuk semua kedalam gelas tersebut dan berasnya tidak mesti semua masuk yang menandakan suatu kewajiban dan sunnah dari sebuah kegiatan.
Dan dengan game ini kita bisa mengambil suatu kesimpulan, bahwa makna yang tersembunyi dibaliknya ialah bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu agar kewajiban kita bisa kita laksanakan tanpa mengurangi kewajiban dengan meninggalkan kegiatan yang tidak begitu penting.

  • 3.       2 lembar Kertas

a.       Pada kertas pertama yang berisikan kegiatan kita mengenai bagaimana kita menggolongkan kegiatan kita, disini secara langsung kita dilatih untuk menggolongkan kegiatan kita, dengan mampu menggolongkan kegiatan kita maka kita nantinya tidak akan merasa kesulitan lagi dalam mengambil suatu tindakan yang nantinya akan mengorbankan kegiatan kita yang lainnya, nah yang dibutuhkan dalam permainan kali ini ialah bagaimana kita mampu menentukan/menetapkan sebuah prioritas dari kegiatan kita.
b.      Dan pada lembaran kertas selanjutnya ialah berisikan sebuah pernyataan yang harus kita beri score sesuai apakah pernyataan tersebut cukup menggambarkan diri kita atau tidak, nah makna dari permainan kali ini ialah kita mampu mengenali diri kita sejauh mana kita bisa dan mampu mengatur waktu dengan baik, jikalau kita gagal mengatur waktu maka ada himbauan yang perlu kita indahkan agar nantinya penyesalan tak akan menghampiri kita dikemudian hari.

0 komentar