Pages

Mengasah Rasa Empati dan Kepedulian Sosial Mahasiswa

Surabaya - kamis, 2 Desember 2010, sore ini telah tampak pemandangan yang tidak biasa bagi Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS angkatan 2010 dalam Mata Kuliah KI Outdoor, kali ini para mahasiswa beserta fasilitatornya dan dosen pengampuh matakuliah bapak Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom mencoba mengasah rasa empati mereka di YPAB(Yayasan Pendidikan anak Buta).


Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran mata kuliah ini, yaitu membangun karakter mahasiswa Sistem Informasi yang Lebih bisa diandalkan dalam hal teamwork dan menjalin hubungan Sosial yang baik antar sesama masyarakat.

Tampak dengan jelas sambutan yang begitu hangat serta penuh semangat oleh anak YPAB kepada para mahasiswa dan staff pengajar Sistem Informasi ITS, dengan 3 buah lagu dari anak-anak YPAB tidak sadar dapat meneteskan air mata para mahasiswa, tidak terkecuali dengan dosen matakuliah ini, mengapa tidak, terlihat mereka begitu mahir dalam memainkan alat musik angklung yang dimana sebagian besar anak normal sekalipun tidak mampu memainkan alat musik tersebut, dengan canda dan tawa mereka, seolah-olah hari-hari yang mereka lalui begitu indah dalam kegelapan tanpa melihat seberkas cahaya.
persembahan sebuah lagu dari Rian



Kini terasa para mahasiswa mulai mencucurkan air mata lagi ketika anak yang bernama Rian dari YPAB ini menyanyikan lagu yang ketiga, yang berjudul jangan menyerah dari D’Masive, sungguh lirik yang ada dalam lagu ini sangat mennyentuh, betapa tidak, hanya melihat judul lagu ini(jangan menyerah) itu cukup menggambarkan semangat anak-anak YPAB ini, dimana mereka semua memiliki cita-cita yang tinggi, layaknya cita-cita anak seumuran mereka yang normal secara fisik.

Setelah rangkaian penyambutan di aula YPAB selesai, kini para mahasiswa, staff pengajar dan anak-anak YPAB berjalan menuju tempat yang bermain, ditempat bermain ini para mahasiswa beserta staff mengajar berbagi keceriaan bersama anak-anak yayasan dengan bermain sejumlah permainan yang cukup bisa menambah senyum mereka.

Kini telah menunjukkan pukul 18:00 WIB, kuliah outdoor di YPAB telah berkahir dan mahasiswa beserta staff pengajar matakuliah KI ini bersiap-siap untuk mengakhiri kunjungan mereka di yayasan ini, tapi sebelum mereka berpisah dengan warga YPAB, bapak Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom sebagai dosen dan perwakilan ITS memberikan kenang-kenangan kepada Yayasan Pendidikan Anak Buta dan dokumentasi tambahan berupa foto bersama pun dilakukan sebelum warga YPAB berpisah dengan tamu mereka.
Muh. Djayusman R melaporkan dari Yayasan Pendidikan Anak Buta(YPAB),Gebang Putih-Surabaya.

0 komentar