Pages

Menjadi Penulis Cerdas Yang Tidak Menyusahkan

Menulis merupakan kumpulan pengetahuan dari tiap orang dalam mengapresiasikan apa yang mereka ketahui dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan.
Lalu bagaimanakah yang dimaksud dengan menulis cerdas dan juga tidak ribet?. Seringkali dalam menulis seseorang tidak mengetahui apa yang perlu diperhatikan dan bagaimana agar tulisan tersebut menjadi tulisan yang nyaman dibaca oleh sang pembaca.

Dalam uraian kali ini, kita akan mengkaji beberapa teknik menulis Opini yang dimana tulisan yang nantinya kita buat akan memanjakan para pembaca. Penduduk Negara Indonesia tidak semua merupakan orang yang cerdas yang banyak mengetahui dan mampu memahami pembendaharaan kata yang bagi orang intelek(terpelajar) merupakan hal yang begitu mudah dipahami, nah dalam menulis cerdas yang dimaksud ialah bukanlah seorang penulis yang bawaannya memang cerdas atau secara intelektualnya cerdas, melainkan penulis yang mampu menyajikan karya tulis mereka kepada siapa saja yang ingin membacanya dan tulisan mereka secara mudah mampu dipahami oleh si pembaca dari semua kalangan.

Terlebih dahulu marilah kita mengetahui definisi dari OPINI, dalam kamus besar bahasa Indonesia OPINI ialah merupakan pendapat, pikiran atau pendirian. Bila dikaji lebih dalam lagi, opini merupakan karya tulis yang dimana memuat pemikiran atau pendapat seseorang dalam melihat suatu masalah. Contoh kasus sederhana yang dapat disebut opini ialah jikalau kita dihadapkan oleh sebuah pertanyaan mengenai musibah yang akhir-akhir ini menimpa rakyat Indonesia, pasti ada banyak pendapat dan alasan dari pertanyaan tersebut, nah dari pendapat dan alasan itulah yang disebut OPINI.

1. Berorientasi Pembaca

Setelah kita mengenal definisi dari opini, selanjutnya kita akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis OPINI, pertama-tama dalam menulis opini bahasa yang kita gunakan sebaiknya bahasa yang sederhana yang mudah dipahami atau dengan kata lain berorientasi pembaca, yang dimana pembaca lebih dimudahkan dalam menyerap informasi dari penulis berikan dalam artikelnya, disebabkan bahasa yang digunakan tidaklah rumit.

2. Hindari Istilah Asing

Lebih mendalam lagi dari penjelasan mengenai bahasa yang sederhana, ialah dengan menghindari istilah-istilah asing, yang jikalau digunakan hanya sebagian pembaca saja yang mengetahui makna dari istilah tersebut, disini kita dituntut membuat karya tulis yang dimana dalam tulisan kita tersebut istilah-istilah yang kita gunakan merupakan istilah yang begitu lumrah terdengar dikalangan masyarakat.

3. Spesifik dan Kongkrit

Yang dimaksud dengan Spesifik dan konkrit ialah berita atau tulisan yang penjelasnnya disampaikan secara lengkap dan tidak memiliki banyak basa-basi, secara singkatnya ialah tulisan yang secara langsung tepat mengenai sasaran.

4. Detil dan Relevan

ialah dimana penjelasan dalam tulisan tersebut dibahas secara mendetail dan berita serta opini yang digagas dalam karya tulis kita masih relevan pada saat ini, bukannya gagasan yang sudah basi yang sudah tidak berlaku lagi dikalangan masyarakat.

5. Analogi yang sederhana

untuk lebih memudahkan dan memanjakan pembaca maka sebaiknya dalam tulisan OPINI kita ditambahkan analogi yang sederhana yang tidak rumit, dimana pembaca cukup membaca analogi kita sekali dan mereka langsung memahami apa yang berusaha kita sampaikan dalam tulisan kita. Dan dengan analogi sedarhana kita, kita mampu membuat para pembaca berimajinasi.

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis opini, selanjutnya kita dapat menerapkan tips singkat dalam menulis opini. Adapun tips singkat dalam menulis opini ialah sbb:
a) Latihan dan jangan sakit hati

Ialah hanya dengan latihan secara terus menerus manusia mampu berkembang, dari semula tidak tahu menjadi tahu dan yang semula kurang tahu menjadi lebih tahu, teori tak akan berguna jikalau prakteknya tidak ada sama sekali, dan maksud dari jangan sakit hati ialah dengan meminta penilaian orang-orang yang ada disekitar kita mengenai kelayakan tulisan kita, jikalau tulisan kita belum dianggap layak, maka janganlah sakit hati dan teruslah berjuang.

b) Buat Kerangka

Fungsi dari kerangka ialah memudahkan bagi si penulis agar tulisan yang akan dibuat tidaklah ngawur atau dengan kata lain kerangka ialah jalur bagi si penulis dalam menulis, sehingga si penulis lebih bisa mengontrol tulisannya agar lebih terarah sesuai konsep awal dalam menentukan alur tulisannya.

c) Data sederhana sebagai penyokong.

Agar lebih menarik perhatian pembaca dan pembaca juga tidak meragukan kualitas dan realitas dari tulisan kita, maka sisipkan beberapa data yang sesuai sebagai penyokong tulisan kita.

d) Buatlah judul yang menarik

Logika sederhananya ialah judul merupakan cover dari karya tulis kita, adakalanya seseorang sudah mampu menebak isi dari tulisan kita hanya dengan melihat judulnya, maka judul yang sudah biasa terdengar/lumrah biasanya tidak banyak diminati para pembaca, malah judul yang unik dan menariklah yang mampu menarik minat baca seseorang karena dengan judul yang tidak biasa akan menimbulkan banyak tanda Tanya yang bersarang dikepala calon pembaca, seolah-olah misteri baru telah terungkap dalam karya tulis kita.
Sekian penjelasan mengenai tata cara dalam menuliskan sebuah opini dalam karya tulis ILMIAH    POPULER yang dimana mampu menjadikan seseorang menjadi Penulis cerdas yang tidak menyusahkan pembaca. Dan kunci sukses dalam segala hal ialah belajarlah memulai dan terus latihan.

1 komentar

M. Rijaluddin R.H 22 November 2010 pukul 14.43

Nice Post :D

visit my blog : http://catatanrijal.blogspot.com/