Pages

Menyiapkan Mental Seorang Pemimpin

                Surabaya, 16 desember 2010, dilapangan Jurusan Sistem Informasi, matakuliah KI outdoor kembali hadir dengan para mahasiswa Sistem Informasi 2010 dari kelas C. Kali ini matakuliah KI menyajikan 4 permainan yang penuh makna, yaitu: 1. Be my Team, 2. Perkenalan, 3. Pemimpin Besar, 4. Star track.

                Seperti biasa matakuliah KI ini tidak hanya memberikan permainan yang asal, alias permainan yang tidak memiliki tujuan dan makna, sesuai dengan tujuan dari pembelajaran matakuliah KI ini ialah mencetak mahasiswa yang pandai dalam berorganisasi dan memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik, sehingga mampu mempelajari keadaan sosial yang ada di lingkungan sekitar.

                Tema dari Ki outdoor kali ini ialah “Pemimpin”, yang dimana para mahasiswa dari kelas C diajarkan melalui permainan-permainan yang menarik tentang bagaimana seorang pemimpin itu bertindak dan berpikir.

                Jika ada seorang pemimpin pasti ada sejumlah anggota yang dipimpin dalam sebuah organisasi, nah sebelum menjadi pemimpin pasti dibutuhkan sejumlah orang yang diperlukan agar dapat menjadi sebuah tim atau organisasi, nah pada permainan yang pertama yang bernama Be My Team, Dosen maupun fasilitator matakuliah ini mencoba mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana mencari dan menarik perhatian sekelompok orang agar dapat menjadi anggota dari organisasi yang akan dibentuk, dengan game yang unik, yang dimana para mahasiswa diberikan secarik kertas berukuran cukup kecil dan dikertas itu tertulis nama-nama dari hardware computer, seperti flashdisk, monitor, mouse, keyboard, touch screen, CPU dan masih banyak lagi, setiap mahasiswa diperintahkan untuk mencari orang yang juga memiliki kertas yang bertuliskan salah satu hardware yang sama dengan mereka dengan syarat selama pencarian anggota kelompok mereka diperbolehkan untuk mengeluarkan bunyi apapun dan bergerak sebebasnya tapi tidak diperbolehkan berbicara dengan siapapun. Makna dan tujuan dari game ini cuku jelas, yaitu bagaimana para mahasiswa diajarkan untuk bisa mencari kesamaan dalam diri orang lain dengan cara yang dapat menarik perhatian, yang dimaksudkan dengan kesamaan ialah kesamaan tujuan dalam berorganisasi.

                Setelah mendapatkan anggota untuk membentuk sebuah organisasi, maka agar sebuah organisasi dapat berjalan dengan lancar diperlukan sebuah perkenalan dalam organisasi itu, yang dimana semua unsur dalam organisasi itu perlu saling mengenal, baik itu pemimpin maupun yang dipimpin, dengan begitu kesalahpahaman antar anggota dalam sebuah organisasi dapat diminimalisir. Pelajaran ini yang coba diaplikasikan dan diajarkan dalam KI outdoor kali ini dengan permainan yang bernama Perkenalan. Jadi para mahasiswa mencoba untuk memperkenalkan diri mereka kepada anggota kelompok mereka dan juga mencoba mengenal teman kelompok mereka.

                Kini saatnya para mahasiswa mendapatkan materi yang langsung menjurus ke bagaimana seorang pemimpin bertindak, dalam permainan KI outdoor kali ini yang bernama Pemimpin Besar para mahasiswa dibacakan sebuah cerita yang dimana dalam cerita tersebut terdapat seorang raja yang memiliki 3 orang putra, raja tersebut sangat bingung dalam memilih siapa dari ketiga putranya tersebut yang akan menjadi penggantinya kelak, dalam kebingungannya itu dia berpikir untuk mengadakan sayembara untuk memilih diantara ketiga putranya yang pantas menjadi penggantinya kelak . Sayembarapun dimulai, sang raja hanya meminta sesuatu yang dianggap paling berharga dari pemikiran ketiga putranya setelah ketiga putranya itu meniggalkan gunung yang berada diseberang kerajaan, ketiga putranya pun berangkat ke gunung yang dimaksudkan oleh sang raja, anak pertama menemukan batu yang sangat memesona dan ia langsung memberikan kepada ayahnya, sang rajapun memluk anaknya dan sangat berterima kasih, setelah itu anak kedua juga memberikan sebuah bunga edelweiss yang dimana bunga tersebut tidak akan layu dimusim apapun, sang raja juga serta merta memeluk anaknya dan berterima kasih, dan selanjutnya anak yang paling bungsu yakni anak ketiga kebingungan ingin membawakan apa kepada sang raja untuk diberikan, sementara ia melangkahkan kakinya ia menemukan pemandangan yang sangat indah dari gunung tersebut, yaitu air terjun yang mengairi tiga sungai didesa seberang, setelah itu anak terakhirpun beranjak kembali ke kerajaan dan membawakan sesuatu yang amat berharga, bukan berwujud benda, melainkan sebuah informasi yang amat penting kepada raja, mengenai air terjun tadi, sang rajapun merasa sangat puas dengan anak yang ketiga ini dan langsung memeluk anaknya sambil berterima kasih.

                Dari cerita tersebut para mahasiswa dapat mengambil kesimpulan, bahwa pemimpin besar ialah pemimpin yang memikirkan kesenangan untuk semua orang dan pemimpin besar ialah pemimpin yang mampu berpikir diluar dari kebiasaan(out of bond) yakni pemikiran yang tidak terkurung oleh kebiasaan adat dan berpikir jangka panjang.

Dan selanjutnya dalam permainan KI outdoor kali ini yang bernama Star Track, para mahasiswa akan menggambarkan sebuah bintang dengan mata tertutup, selama penggambran bintang tersebut mata para mahasiswa ditutup dan hanya bisa mendengarkan instruksi dari para pemeimpin mereka yang terpilih dalam kelompok masing-masing, di permainan ini para mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana seorang pemimpin memberi instruksi dengan jelas dan juga mahasiswa dilatih untuk bisa mendengarkan instruksi dengan jelas.

Dapat dilihat dari keseluruhan permainan KI outdoor ini, dosen dan para faslitator matakuliah ini mencoba dan berusaha memberikan mental seorang pemimpin kepada para mahasiswanya.

0 komentar