Pages

Garuda yang Mengecewakan atau Harimau yang Kelewatan

                Sungguh sangat menegangkan dan juga begitu menyedihkan, baru kali ini Indonesia kalah di laga piala AFF 2010, sangat menyedihkan skor yang terpampang di pojok kanan atas layar kaca televisi para penonton di tanah air 3-0, tak ada yang menduga skor ini akan tercipta dibabak Final AFF.

                Namun tak bisa dipungkiri telah terjadi insiden yang begitu memalukan dimata para pendukung tim Indonesia, selama berlangsungnya partai final ini penjaga gawang
Indonesia(Markus) terus mendapat gangguan dari supporter Malaysia, sorotan Laser trus membayangi mata Penjaga gawang sehingga bukan cuma konsentrasi penjaga gawang saja yang menjadi buyar, seluruh pemain Timnas Indonesia juga merasakan hal yang sama, dan juga ketika tendangan bebas akan dieksekusi oleh pemain Malaysia pada babak kedua, kembali sorotan laser mengarah ke mata penjaga Markus, dan akhirnya wasit pun mengambil tindakan dengan menunda pertandingan untuk sementara waktu.

                Insiden tersebut telah mengacaukan konsentrasi dan mengubah ritme permainan Timnas  Indonesia, terlihat permainan Indonesia sudah semakin kacau ketika gol pertama dari Safee pemain Malaysia berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-0.

                Sebenarnya apa yang membuat Indonesia mengalami kekalahan yang cukup telak ini dibabak kedua, dilihat di babak pertama Indonesia berhasil menahan imbang permainan Malaysia, namun ketika dibabak kedua malah 3 kali bola bersarang di gawang yang dijaga oleh Markus, kembali lagi ke insiden memalukan dari supporter Malaysia, mereka menggunakan laser untuk mengganggu konsentrasi penjaga gawang markus, sehingga dari insiden ini membuat timnas Indonesia mendapatkan tekanan mental dan tekanan itu makin bertambah saja ketika  skor trus bertambah untuk Malaysia di babak kedua ini.

                Sportifitas seharusnya di junjung tinggi di babak final ini, baik itu pemain ataupun supporter itu sendiri, perbuatan yang tidak bermoral yang telah dilakukan suporter Malaysia mencerminkan kalau mereka tidak bisa menjunjung tinggi sportifitas selama pertandingan dilangsungkan. Bendera Malaysia yang memiliki symbol bulan dan bintang itu katanya menandakan agama resmi Negara tersebut ialah islam, namun tindakan mereka sangat tidak mencerminkan bahwa islam adalah agama resmi yang mereka anut.

                Memang kekecewaan para pendukung tim Garuda tidak bisa dipungkiri, namun dibalik kekecewaan mereka tersebut tersimpan rasa kekeselan yang mendalam terhadap supporter Harimau Malaya tersebut, Harimau itu adalah hewan yang jantan dalam bertindak, namun supporter Malaysia tidak menunjukkan kejantanan mereka dalam pertandingan final AFF 2010 di Negara mereka sendiri, tingkah laku mereka layaknya seorang pengecut.

                Menang dengan cara yang tidak terhormat, sama saja dengan berani dan bangga berjalan di permukaan bumi dengan wajah yang selamanya berlumuran nanah.

0 komentar